Catatan

Donor Darah Yuk Biar Sehat

Hohoho…
Pagi ini Saya donor darah lhoo #Pameeer…
Senang banget rasanya bisa donor darah lagi, walaupun sesaat setelah donor darah memang agak pusing, tapi gak apa-apa, kan ada bubur kacang ijo yang telah disediain oleh panitia penyelenggara.

Panitia?
Iya, Hari ini di kampus tempat saya kuliah dulu ( 😦 ) mengadakan kegiatan donor darah. Tepatnya Salah satu organisasi yang ada dikampus ini yang mengadakannya. Gak mungkin kan organisasi “panjat gunung” yang mengadakannya, ya jelas organisasi PMI lah… hehe
KSR-PMI UPT STMIK NURDIN HAMZAH, itulah nama organisasinya. Beberapa tahun yang lalu, juga pernah diselenggarakan acara Donor Darah ini yang biasa kami sebut dengan Doda. Dan tidak lupa Saya posting diblog ini, baca disini untuk melihat kegiatan doda beberapa tahun lalu.

Pertama kali Saya donor darah pada tahun lalu, karena memang ada orang yang membutuhkan darah. Dan pagi ini Saya donor darah lagi, biar sehat. Rasanya donor darah itu gimana sih? brrrr… ngilu banget hehee…
Gak kok, donor darah itu menyenangkan, meskipun agak deg deggan untuk yang pertama kali melakukannya. Dibilang sakit sih gak juga yaa, cuma pas urat nadi kita ditusuk jarum aja yang ngilunya, setelah itu gak lagi kok. Darah akan mengalir sendiri ke kantong darah. Nunggu kira-kira 15-20 menit, petugas akan mencabut kembali jarum itu.

Dibawah ini ada beberapa foto yang sempat Saya ambil pada saat kegiatan Doda ini.

doda01

doda02

Tim pengecekan darah dan tenda posko pengambilan darah

doda04

Kagiatan pengambilan darah dan cek golongan darah

O iya, sebelum darah kita diambil, sebelumnya kita daftar dulu dan mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan. Lalu selanjutnya kita akan memalui proses selanjutnya yakni cek kelayakan. Maksudnya gimana? Iya, kita dicek dulu, layak gak darah kita diambil. Karena gak semua orang bisa mendonorkan darahnya. Pada proses kita, petugas akan menanyakan beberapa hal seperti “Udah Sarapan Belum?”, “berat badannya berapa?”, “golongan darahnya apa?” dan pertanyaan lainnya. Disana kita akan dilihat tekanan darah pada tubuh kita atau biasa disebut dengan cek tensi darah. Setelah kita dinyatakan layak, maka petugasnya akan memberikan kita kantung darah yang kosong. Lalu proses selanjutnya kita menuju posko tempat dimana darah kita akan diambil sambil membawa kantung darah tadi. Berikan kantong darah pada petugas diposko, dan kita berbaring diatas tempat yang telah disediakan.

Sambil berbincang-bincang dengan petugas diposko, proses pengambilan darah dimulai…
Petugas itu terus mengajak Saya ngobrol.. Itu trik yang biasa mereka gunakan agar kita tidak terfokus pada jarum yang akan ditusuk pada urat nadi kita.

Dibawah ini adalah foto ketika Saya dalam proses pengambilan darah. Sebenarnya Saya pengen difotoin biar nampak wajahnya, tapi karena Saya tipikal orang yang malu didepan kamera jadi cukup tangan dan sekantung darah yang telah Saya donorkan saja yang Saya jepret.

doda03

Come on… ini tidak seperti yang kalian bayangkan…
Donor darah itu menyenangkan dan sehat lagi. Kenapa? Setelah kita mendonorkan darah, jantung akan bekerja lebih optimal untuk membuat darah baru (katanya sih gitu… hehe). Jadi darah kita akan diganti dengan yang lebih fresh. sttt… setelah donor darah, kita diberi oleh-oleh dari petugas pelaksana hihihi… Gak percaya? Coba aja ikut berpartisipasi… Tapi jangan keseringan, idealnya donor darah ini dilakukan 3 – 4 bulan sekali.

Saya melakukan ini karena menginat ini akhir tahun, jadi Saya ingin mengawani tahun 2016 nanti dengan semangat yang baru… dan darah yang baru… hahaha… *tersenyum lebar didepan kaca

 

#Happy Blogging…

Diskusi

8 thoughts on “Donor Darah Yuk Biar Sehat

  1. pengen tapi takut jarum suntik *dilema*

    Suka

    Posted by Travelling Addict | 28 Desember 2015, 10.38

Berikan Komentar , Kritik dan Saran Anda mengenai Tulisan Saya.

