Artikel

7 Tips Sederhana Manajemen Waktu

Waktu adalah sesuatu yang paling berharga dalam ini, karena waktu berhubungan dengan umur. Manusia akan dihargai  jika menggunakan umurnya untuk hal-hal yang bermanfaat, dan akan menjadi kerugian besar jika ia menggunakannya kepada hal-hal yang tidak berguna. Seperti perkataan bijak terdahulu: “Waktu itu laksana pedang, jika tidak bisa menggunakannya, maka dia akan memenggalmu.”

Banyak kita lihat dan saksikan betapa banyak orang yang tidak tahu arti kehidupan. Mereka yang dianugerahi segala kelebihan di bidang harta misalnya, hanya duduk-duduk di teras rumah sepanjang hari sambil melihat-lihat orang-orang yang berlalu lalang, atau hanya duduk-duduk diwarung kopi sambil bermain catur, atau hanya untuk mengobrol ria dengan tetangga membahas hal-hal yang tidak penting untuk dibahas.

MANAJEMEN WAKTU

Manusia sendiri telah mengembangkan berbagai macam cara mengatur waktu. Manusia juga menciptakan alat-alat untuk terus menyadarkan dirinya dengan waktu. Mulai dari alat penunjuk waktu, seperti jam, atau alat pengatur waktu, seperti alarm dan lain-lain.

Manusia juga memproduksi alat-alat tersebut mulai dari yang sederhana sampai yang rumit hingga mampu mencatat
waktu sepersekian detik. Terlepas dari semua itu, ada beberapa hal sederhana yang bisa kita pegang untuk memanajemeni waktu, kami merangkumnya dalam 7 Tips Sederhana Manajemen Waktu:

1. Tentukan kapan suatu tugas harus diselesaikan.

Prinsip sederhana pertama adalah mengerjakan tugas berdasarkan prioritas. Anda harus tahu kapan suatu tugas harus diselesaikan. Serta, tugas mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Luangkan waktu di awal hari atau petang
hari untuk menyusun kembali rencana-rencana penyelesaian tugas. Dan berpeganglah pada rencana-rencana itu.

2. Tentukan lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu tugas.

Tak cukup Anda hanya tahu kapan tugas itu harus diselesaikan. Anda juga harus tahu berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Ini akan menuntunt anda untuk bersikap realistis terhadap rencana dan tugas-tugas anda. Anda juga perlu mempertimbangkan kemampuan anda dan team anda dalam menyelesaikan tugas.

3. Jangan terpaku pada lama waktu yang Anda rencanakan.

Jika anda merencanakan untuk menyelesaikan tugas dalam waktu dua jam, misalnya, maka jangan paku diri anda untuk menyelesaikannya dalam waktu tersebut. Akan jauh lebih baik jika anda berusaha menyelesaikannya dalam waktu yang lebih cepat. Dengan demikian Anda bisa segera melompat ke pengerjaan tugas berikutnya.

4. Anda tak dapat mengerjakan dua tugas dalam satu waktu yang bersamaan.

Salah satu kunci sederhana dalam manajemen waktu adalah fokus pada suatu aktivitas. Anda takkan bisa mengerjakan dua tugas sekaligus dengan intensitas perhatian yang sama. Mungkin anda merasa punya kemampuan “multitasking”, namun tetap saja anda sendiri hanya bisa mengerjakan satu hal di satu waktu. Kemampuan “multitasking” sebenarnya merupakan salah satu seni melakukan delegasi tugas dan wewenang.

5. Tahan godaan untuk mengerjakan hal-hal yang kecil namun menyita waktu.

Disiplin untuk tetap mengerjakan apa yang telah anda urutkan sesuai dengan skala prioritas. Sesekali anda tergoda untuk melakukan hal-hal kecil itu boleh-boleh saja, namun gunakan itu untuk refreshing dan menyegarkan pikiran kembali. Tapi jangan sampai keterusan dan menyita lebih banyak waktu anda. Kembalilah fokus pada tugas-tugas pokok anda.

6. Keep it simple

Tips sederhana manajemen waktu lain adalah bersikap efisien. Itu sama halnya dengan “keep it simple”. Tak perlu menghabiskan waktu untuk merumit-rumitkan sesuatu. Jika suatu pekerjaan bisa dibuat sederhana, mengapa harus dibuat sulit. Mudahkan saja, maka anda akan menemukan waktu lebih banyak lagi.

7. Gunakan alat bantu time manajemen.

Jangan ragu untuk menggunakan alat-alat manajemen waktu. Sekarang sudah banyak berbagai produk manajemen waktu, seperti agenda, to do list dan lainnya.  Apalagi sekarang sudah banyak aplikasi yang cukup canggih, anda bisa mendownload software time manajemen yang cukup banyak disediakan secara gratis, dan banyak yang sudah bisa digunakan pada aplikasi android, blackberry dan iphone. Dan tetap ingat, bahwa alat-alat itu bertugas untuk membantu anda mengatur waktu, bukan menghabiskan waktu anda.

Itulah 7 Tips Sederhana Manajemen Waktu, semoga kita bisa memanfaatkan waktu menjadi investasi berharga dalam sisa hidup ini. Sahabat juga bisa membaca artikel kami yang lain Rekening Bank Waktu yang sudah kami sajikan pada kesempatan sebelumnya.

Iklan

Diskusi

6 thoughts on “7 Tips Sederhana Manajemen Waktu

  1. Susah ngatur waktu buat saya mah. Bukan orang yg sistematis soalnya.

    Suka

    Posted by arip | 27 Oktober 2013, 21.31
  2. Reblogged this on markast.

    Suka

    Posted by markast the exist | 13 November 2013, 12.21

Berikan Komentar , Kritik dan Saran Anda mengenai Tulisan Saya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: