Artikel

8 Cara Menghadapi Keluhan Orang Lain

Sahabat SalamSuper.Com. Keluhan itu biasa dalam kehidupan sehari-hari. Mengeluh seringkali merupakan pertanda tersumbatnya energi positif untuk melakukan suatu tindakan. Orang yang mengeluh biasanya tidak tahu harus melakukan apa.

Tapi anehnya banyak orang yang sangat suka mengeluh. Mengeluh menjadi sebuah kebiasaan. Ada saja yang mereka keluhkan, termasuk hal-hal kecil yang semestinya bisa mereka atasi sendiri. Orang seperti ini sebenarnya telah menyumbat energi positif mereka dengan energi negatif, seperti kemalasan, kebosanan atau keengganan.

Terlepas dari semua itu, ada saatnya kita akan didatangi oleh seseorang dengan segudang keluhannya. Mungkin saja orang yang paling banyak kita dengar keluhannya adalah pasangan kita, anak, saudara atau orang tua kita, kemudian
rekan kerja, bawahan, mungkin atasan atau tetangga kita. Bahkan, boleh jadi kita akan mendengar keluhan dari orang-orang baru tidak kita kenal, seperti, dalam kendaraan umum, di pasar, atau dimana pun.

 

keluhanJangan berkecil hati, pahami saja, mengeluh itu jauh lebih mudah ketimbang melakukan tindakan. Hadapi saja pengeluh-pengeluh itu. Berikut ada 8 Cara Menghadapi Keluhan Orang Lain yang mudah-mudahan berguna bagi anda saat menghadapi keluhan seseorang.

 

1. Menjadi Seorang yang Lebih Bijak.

Ketika mendengar keluhan seringkali menyebalkan, karena kita sendiri mungkin mempunyai keluhan yang lebih banyak. Namun, jangan keburu mengacuhkan keluhan orang lain. Coba renungkan, mengapa seseorang mengeluh pada anda?
Bukankah itu pertanda bahwa ia mempercayai anda. Tidakkah sebaiknya kita mencoba bersikap lebih bijak dengan memperhatikan keluhan tersebut?.

2. Dengarkan dan Perhatikan-lah Keluhan itu.

Ketika mendengarkan keluhan, pasti ada sesuatu yang patut anda perhatikan di balik puluhan keluhan yang mengalir dari ucapan seseorang. Dari ribuan keluhan, mungkin ada satu dua yang memang benar adanya. Memang lebih banyak keluhan yang bisa dilupakan begitu saja. Namun, dengan memperhatikan keluhan orang lain anda berlatih mengasah kepekaan terhadap perasaan orang lain.

3. Mencoba Menghargai Perasaan Orang Lain.

Cobalah hadapi pengeluh ini dengan menghargai perasaan mereka. Tidak mudah memang memahami perasaan orang lain, namun jika anda cukup peka, anda bisa menumbuhkan empati anda terhadap mereka.

4. Hindari Berpura-Pura Memperhatikan.

Jangan berpura-pura memperhatikan. Jika anda yakin bahwa keluhan mereka patut diperhatikan, berikan perhatian yang tulus. Dengarkan dengan seksama, balas tatapan mata mereka untuk menunjukkan bahwa anda sungguh-sungguh
memperhatikan, berikan sedikit sentuhan untuk menyatakan ketulusan anda.

5. Tidak Selalu Harus Memberikan Nasihat.

Harus dipahami adakalanya seseorang mengeluh, dan tidak bermaksud mencari nasehat. Mereka hanya ingin didengarkan. Dalam kasus seperti ini Anda harus persiapkan diri anda untuk tidak memberikan nasehat. Anda takkan sungguh-sungguh tahu apa yang dialami dan bagaimana mengatasinya. Cukup tunjukkan bahwa anda mengerti akan keluhan mereka.

6. Coba Lepaskan Sumbatan Energi Positifnya.

Jika anda tahu apa yang sesungguhnya sedang dihadapi oleh sang pengeluh, dan anda tahu bagaimana sebaiknya menghadapinya, ada baiknya anda memberikan saran. Semua itu harus bertujuan untuk menyingkirkan energi
negatif yang menyumbat energi positifnya. Namun, sesungguhnya jarang kita benar-benar memahami apa yang terjadi. Jangan berikan saran dan nasehat kecuali jika diminta.

7. Ketika Anda tak Punya Cukup Waktu…

Kerika Anda tak punya cukup waktu, tapi Anda tahu Anda harus memperhatikan keluhan mereka. Usahakan Anda tetap menerima keluhan mereka, namun dengan sungguh-sungguh katakan bahwa Anda tak punya waktu. Janjikan padanya waktu senggang dimana Anda bisa menerima keluhan mereka.

8. Ketika Keluhan itu Sudah Menjadi Pengganggu-mu

Ketika si pengeluh ternyata hanya menghabiskan waktu anda, maka jangan ragu untuk mengatakan bahwa anda tak punya waktu untuk keluhan itu. Tunjukkan kepada siapa ia seharusnya mengadukan keluhannya. Ini perlu anda keluhkan, agar anda tidak perlu mengeluh setelah itu.

Demikian 8 Cara Menghadapi Keluhan Orang Lain, jadilah orang yang bermanfaat, karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya; termasuk hanya sekedar mendengarkan keluhan :-)

Silahkan baca juga artikel yang sudah kami siapkan sebelumnya seperti Logika Laki-Laki

Orang bijak adalah dia yang hari ini mengerjakan apa yang orang bodoh akan mengerjakannya tiga hari kemudian. (Abdullah Ibnu Mubarak)

 

Iklan

Diskusi

5 thoughts on “8 Cara Menghadapi Keluhan Orang Lain

  1. Sekarang keluhan nya cuman “Kapan mau nikah ??? jangan pacaran mulu”

    Suka

    Posted by cumilebay.com | 11 Oktober 2013, 10.32
  2. 🙂 ayo sudah nabung buat masa depan belum

    Suka

    Posted by moreta999 | 1 November 2013, 21.22

Berikan Komentar , Kritik dan Saran Anda mengenai Tulisan Saya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: